Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru 2014
Sebagian orang masih banyak yang bingung dan tidak tahu bagaimana caranya menulis surat lamaran yang baik, apalagi yang baru lulus SMA atau SMK tahun ajaran 2012/2013 pastinya belum bisa, atau sudah diajarkan disekolah tapi masih belum mengerti, atau mungkin ada yang sudah bisa menulis lamaran kerja tapi tidak dipanggil oleh PT.
Nah mungkin Sobat Pencari Kerjaan masih belum memperhatikan tips menulis Surat Lamaran Kerja berikut ini :
Untuk menulis surat lamaran kerja, Anda harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar jika surat lamaran kerja Anda berbahasa indonesia. Namun jika perusahaan meminta Anda untuk menulis surat lamaran kerja bahasa inggris, tulislah menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar pula. Jangan ada satu hurufpun yang tertinggal atau salah ejaan. Untuk mengatasinya, sebelum Anda print atau di masukan kedalam amplop, surat lamaran kerja tersebut coba ulangi membaca surat lamaran kerja yang Anda buat.
2. Struktur Surat Lamaran Kerja
Mungkin struktur dan tata letak surat lamaran kerja Anda sudah tahu, disini saya hanya mengingtkan kembali.
3. Singkat, Padat, Informatif dan Tepat Sasaran
Isi surat lamaran kerja usahakan ditulis dengan singkat, yaitu ditulis dalam satu halaman lembar kertas A4. Uraikan informasi yang penting sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Selebihnya, jika Anda lulus dari seleksi berkas dan berlanjut ke sesi wawancara kerja, nah disini Anda dapat menjelaskan siapa dan apa prestasi yang pernah Anda raih selama ini.
4. Beri Tanda Tangan Pada Surat Lamaran Kerja Anda
Memberi tanda tangan pada surat lamaran kerja adalah hal yang penting, karena dengan adanya tanda tangan yang tercantun dalam surat lamaran kerja Anda, menginformasikan secara tersira bahwa ini adalah surat formal dan buatan Anda. Terkadang membubuhi tanda tangan pada surat lamaran kerja sering terlupakan oleh kita, untuk itu setelah surat lamaran kerja di print segeralah memberi tanda tangan sebagai Antisipasi agar Anda tidak lupa.
5. Surat Lamaran Kerja Harus Bersih
Nah, pada poin yang ketujuh ini mungkin Anda sudah tahu. Sekedar tambahan, jika terdapat kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja setelah di print, jangan hapus penggunakan penghapus pena, karena ini sangat pantang, usahakan print kembali surat lamaran kerja Anda.
Itulah point penting untuk menulis Surat Lamaran Kerja.
Nah, ini contoh yang Saya kirim kan ke beberapa perusahaan atau PT yang berada di Cikarang, Bekasi. Seperti PT. Showa, Pt. Astra Honda Motor, PT. Yutaka.
Surat Lamaran Kerja
Lampiran : Surabaya, ................................2014
Hal : Lamaran pekerjaan
Kepada Yth,
Bapak / Ibu Manager Personalia
PT. .................................
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini, saya:
nama : Dimas Hartono
jenis Kelamin : Laki-laki
tempat & tgl. lahir : xxxxxxxxxxx
agama : Islam
alamat : xxxxxx
nomor HP : 08xxxxxxx
pendidikan akhir : SMA ...............................
Dengai ini saya mengajukan surat lamaran kerja kepada bapak / Ibu untuk menjadi bagian di Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan Bapak / Ibu, bersama ini saya lampirkan :
1. Foto Copy Ijazah
2. Foto Copy SKHUN
3. Foto Copy Transkrip Nilai
4. Foto Copy KTP
5. Foto Copy SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisisan )
6. Foto Copy Kartu Pencari Kerja
7. Foto Copy Surat Keterangan Dokter
8. Foto Copy Surat Pengalaman kerja (bila ada)
9. Foto Copy Sertifikat (bila ada)
10. Daftar Riwayat Hidup
11. Pas Foto 3x4 atau 4x6 (2 lembar)
Demikian surat lamaran ini saya ajukan, besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin
Atas perhatian dan pertimbangannya, saya ucapkan terima kasih
Hormat Saya,(tanda tangan)Dimas Hartono
Untuk surat - surat yang ada masa berlakunya seperti SKCK harus masih berlaku ketika dikirimkan karena bisa menjadi pertimbangan bagi Perusahaan. Dan dari ketiga perusahaan tersebut, semua dipanggil untuk mengikuti test di Pt tersebut.
Semoga info Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru 2013 bisa bermanfaat bagi Anda, khususnya yang baru lulus tahun 2013, dan yang masih bingung dalam membuat Surat Lamaran Kerja.
No comments:
Post a Comment