Saturday, 24 August 2013


A.    Pengertian Laporan
      Laporan adalah sesuatu yang perlu bahkan harus disampaikan baik dalam bentuk lisan maupun dalam bentuk tertulis sebagai wujud pertanggung jawaban setelah melaksanakan suatu kegiatan.

B.  Jenis Laporan Sebagai Sumber Tertulis.
1.   Laporan resmi:
            laporan resmi merupakan cara sah bagi pengurus kesimpulan untuk mengumumkan kegiatan-kegiatan yang telah mereka selenggarakan. Laporan ini, sering disebut laporan pertanggung jawaban (LPJ), umumnya disampaikan dalam rapat pleno (paripurna). Peserta rapat dapat menerima laporan, umumnya terbagi menjadi dua kubu, kubu yang menerima dan kubu yang menolak.
            laporan tidak resmi merupakan laporan komisi (orang/sekelompok orang yang melakukan tugas tertentu) kepada pleno (sidang/rapat)  setelah komisi melakukan  kegiatan penelitian ilmiah. Termasuk laporan jenis ini adalah:
a.   laporan lengkap (monograf)
b.   laporan artikel penelitian
c.   laporan sumir ( summary report)
d.  laporan untuk administrasi dan pembuatan kebijakan ( policy maker)
         laporan lengkap memuat proses penelitian secara menyeluruh, memuat pernyataan tentang masalah yang ingin dipecahkan, prosedur penelitiannya, hasil penelitian dan imlikasi dari hasil penelitian tersebut.

            Artikel ilmiah merupakan pemadatan dari laporan lengkap. Laporan ini difokuskan pada satu masalah secara objektif hingga lampiran dan daftar isi tidak dicantumkan.

5.    Laporan Sumir:
            laporan Sumir  merupakan wujud lain dari artikel atau studi yang menyangkut kepentingan masyarakat yang disusun dalam bahasa sehari-hari agar muda dimengerti oleh masyarakat awam.
            laporan jenis ini tidak begitu lengkap karena administrator atau pembuat keputusan tidak memerlukannya. Istilah, kalau digunakan , biasanya berupa istilah teknis sesuai dengan penerapan dilapangan. Kata-katanya dipilih dengan benar agar tidak dapat menyinggung atau menyudutkan penerima laporan.
1.    Untuk mengatasi suatu masalah,
2.    Mengambil keputusan yang efektif
3.    Mengetahui kemajuan
4.   Mengetahui perkembangan suatu masalah 
5.   Mengadakan pengawasan dan perbaikan
6.   Menemukan teknik-teknik baru
7.   Mengetahui sesuatu walaupun pembaca laporan tidak berada secara langsung pada waktu kebiatan berlangsung.
1.   Tidak mengandung imajuinasi
2., Sempurna dan komplit
3.   Disajikan secara menarik
4.   Penyajian harus obyektif dan actual
5.   Disusun secara kronologis dan sistematis
6.    Menggunakan bahasa yang singkat , jelas dan benar.
7.   Menghindari unsur-unsur subyektif.
8.   Sesuatu yang dilaporkan harus dapat dipertanggungjawabkan.
9.    Hal-hal yang dilaporkan tidak menimbulkan penafsiran yang salah.
10.    Dalam penulisan memilih bahan kertas dan tinta yang baik sehingga tidak mudah rusak. 
1.    Sebagai alat penyampaian informasi,
2.    Alat pertanggung jawaban
3.    Bahan pengambilan keputusan
4.   Alat pengawasan
5.    Di dokumentasikan sebagai acuan kegiatan yang akan datang
1.    Jelas,lengkap, objektif
2.    Cermat dan konsisten
3.    Tepat waktu,tepat saluran, dan tepat penerimaannya.
4.   Langsung pada sasaran

G.     Bentuk-Bentuk  Laporan Tertulis yang Biasa Digunakan.
1.    Bentuk Formulir,
Biasanya diggunakan untuk melaporkan kegiatan yang masih berlangsung. Kegiatan bulanan atau bersifat periodic.
2.    Bentuk Surat
Digunakanuntuk melaporkan secara singkat  tetapi lengkap. Bentuknya sama dengan surat resmi. 
Uuntuk melaporkan kegiatan sejenis seminar, loka karya, penataran, dan sejenisnya.
digunakan untuk kegiatan berukuran besar biasanya untuk melaporkan kegiatan seperti skripsi, karya tulis, makalah dan sejenisnya.
1.    Lokasi tujuan
2.    Tempat pemberangkatan
3.    Kata yang dilalui
4.    Lama perjalanan
5.    Waktu perjalanan
6.    Peserta
7.   Alat dan perlengkapan
8.   Pengalaman

I.    Sistematika  Laporan Resmi.
1.    Kata pengantari
2.    Daftar isi
3.    Pendahuluan
4.    Tubuh laporan
5.    Penutup
6.    Daftar pustaka
7.    Lampiran

J.    Nama Sumber
Untuk mencatat nama sumber, tahun, dan nomor halaman dari sumber tertulis, ada urutan isi yang berbeda-beda antar sumber berupa buku dengan bukan buku. Pada catatan kaki penulisan sumber ini sebagai berikut:

1.    Penulisan Sumber dari buku
a.   nama pengarang (editor, penerjemah): ditulis ada urutan biasa dan diikuti tanda koma.
b.   Judul buku,: ditulis dengan huruf capital, kecuali kata tugas dan digarisbawahi.
c.   Nama atau nomor sri 9kalau ada)
d.   Data publikasi: jilid, nomor cetakan,kota penerbitan: diikuti titik dua (:) ditulis diantara tanda kurung ( ), penerbit diikuti tanda koma (,), dan tahun penerbit.
e.    Nomor jilid dan nomor halaman diikuti tanda titik (.).

2.    Penulisan Sumber dari artikel majalah, dan surat kabar.
a.    nama pengarang.
b.   judul artikel.
c.    nama majalah atau surat kabar : digarisbawahi.
d.   nomor majalah (bila ada)
f.     tanggal penerbitan.
g.  Nomor halaman.

3.    Khusus urutan sumber yang dituliskan dalam daftar pustaka menggunakan urutan sebagai berikut.
      a.    Nama penulis           : diakhiri tanda titik (.)
      b.   Tahun penerbitan      : diakhiri tanda titik (.)
      c.    judul buku                :  diakhiri tanda titik (.)
      d.  tempat penerbitan     :   diakhiri tanda titik dua (:)
      e.    Penerbit                   : diakhiri tanda titik (.)
Jenis rapat tentu berbeda-beda tergantung tujuannya. Berikut contoh rapat dan tujuannya:
1.    Rapat staf bertujuan untuk meneliti dan mencari bahan atau keterangan.
2.    rapat produksi tujuannya untuk memecahkan masalah.
3.    Rapat panitia/komisi bertujuan untuk menetapkan kebijaksanaan
4.    Rapat besar bertujuan untuk berkonsultasi terhadap suatu informasi, dan intruksi.

Merencanakan sebuah rapat perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1.    merumuskan tujuan rapat.
2.    memikirkan peserta, tamu, dan pembicaraan –pembicaraan khusus.
3.    menganalisis seluruh kelompok peserta rapat.
4.   mempersiapkan agenda/daftar pembicaraan rapat
5.   membuat dan mengirim surat undangan.
6.   menyediakan dan menyiapkan fasilitas yang yang dibutuhkan.
7.    memastikan kesediaan materi yang dibutuhkan.
8.   membuat rencana bagaimana memimpin rapat yang baik
9.   mengatur pembuatan laporan hasil rapat

Membuatlaporan hasil rapat perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1.    membuat system pencatatan hasil rapat dengan benar
2.    pemimpin rapat bertanggung jawab atas hasil rapat, walaupun bisa menugasi seseorang untuk        menyusunnya.
3.    Isi dan sistematika hasil rapat meliputi:
a.   organisasi penyelenggara rapat

b.   judul rapat

c.   pelaksanaan rapat, berisi;
1)   hari dan tanggal
2)   waktu rapat
3)   tempat rapat
4)   nama peserta rapat, (jika terlalu banyak sebutkan jumlahnya saja)
5)   pengundang dan pemimpin rapat
6)   tujuan rapat
7)    masalah yang akan dibahas dirapat (bisa diteruskan acara rapat).

d.   hasil-hasil ruusan rapat berisi:
1)   keputusan
2)   langkah-langkah tindakan
3)   nasihat
4)   komentar
5)    diakhiri oleh nama, jabatan pembuat laporan

Contoh.
Format Laporan Hasil Pengamatan.

A.   Judul laporan                     :  …………………………………………………………………………

B.   Waktu pengamatan             : …………………………………………………………………………

C.   Tujuan laporan                :  …………………………………………………………………………
1.    ……………………………………………………………………………………………………

2.    ……………………………………………………………………………………………………

3.    ……………………………………………………………………………………………………

4.    ……………………………………………………………………………………………………



5.    ……………………………………………………………………………….……………………

E.   Hasil pengamatan Pertama :
1.    ……………………………………………………………………………………………………

2.    ……………………………………………………………………………………………………

3.    ……………………………………………………………………………………………………

4.    ……………………………………………………………………………………………………



5.    ……………………………………………………………………………….……………………
  
F.   Hasil pengamatan Pertama :
1.    ……………………………………………………………………………………………………

2.    ……………………………………………………………………………………………………

3.    ……………………………………………………………………………………………………

4.    ……………………………………………………………………………………………………



5.    ……………………………………………………………………………….……………………
  
G.       Hasilpengamatan kedua :
1.    ……………………………………………………………………………………………………

2.    ……………………………………………………………………………………………………

3.    ……………………………………………………………………………………………………

4.    ……………………………………………………………………………………………………

5.    ……………………………………………………………………………….……………………

H.   Kesimpulan pengamatan
1.    ……………………………………………………………………………………………………

2.    ……………………………………………………………………………………………………

3.    ……………………………………………………………………………………………………

                                                                                    Surabaya,                    2006
                                                                                                Penulis




                                                                                    ………………………….



OSIS  SMA NEGERI 8 SURABAYA
Jalan. Sultan Iskandar Muda 42 
Surabaya.


Judul/Tema:   ………………………………………………………………………………………………………
                         ………………………………………………………………………………………………………

1.   Hari dan tanggal       : ……………………………………………………………………………
2.   Waktu rapat:            :  ……………………………………………………………………………
3.   Tempat rapat           : ……………………………………………………………………………
4.   Tujuan rapat             :  ……………………………………………………………………………

5.   Susunan acara rapat:
a.   Pembukaan
b.   Sambutan
c.   Acara inti
d.   Tanya jawab
e.   Penutup/do’a
6.   Hasil-hasil rumusan rapat
a.   pembukaan
      …………………………………………………………………………………………………………

b.   isi samputan:
                                  …………………………………………………………………………………………………………
                                  ………………………………………………………………………………………………………

c.   isi acara inti

a   ……………………………………………………………………………………………………

b    ……………………………………………………………………………………………………

c   ……………………………………………………………………………………………………

d   ……………………………………………………………………………………………………

e    ……………………………………………………………………………….……………………

7.     Langkah-langkah tindakan
8.     Komentar
9.     Keputusan
10.    Nasihat
11.   Diakhiri oleh nama, jabatan pembuat laporan pengundang dan pemimpin rapat nama peserta rapat,   (jika terlalu banyak sebutkan jumlahnya saja)




No comments:

Post a Comment